Manfaat Limbah Air Cucian Beras Bagi Tanaman

Limbah dapur yang berasal dari air cucian beras merupakan salah satu bahan organik yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dan tentunya bisa kita manfaatkan sebagi salah satu pupuk untuk tanaman kita, limbah air cucian beras untuk pupuk tanaman sangat melimpah bagi kita, karena mayoritas di Negara kita nasi menjadi makanan yang sangat pokok. Dari sinilah limbah air cucian beras banyak dihasilkan oleh mayoritas penduduk Indonesia yang didapatkan sebelum proses menanak nasi. Ini adalah bahan baku yang selalu tersedia sepanjang waktu yang bisa kita manfaatkan untuk membuat pupuk hayati atau membuat pupuk organik cair, cara penggunaan dan pembuatan juga tergolong sangat mudah serta murah. akan tetapi masih banyak orang yang tidak memanfaatkan limbah air cucian beras ini dengan berbagai macam alasannya.
"air cucian beras","manfaat air cucian beras","tanaman"
Air cucian beras telah diketahui manfaatnya bagi tanaman oleh berbagai penelitian, dengan hasil yang mengatakan bahwa limbah air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang sangat-sangat melimpah. Ada pun beberapa nutrisi utama yang terkandung pada air cucian beras, kandungan yang terdapat dalam air beras diantaranya: Karbohidrat sebesar 85 % hingga 90 % yang berupa pati, gula, protein, glutein, selulosa, hemiselulosa dan juga beberapa jenis vitamin B yang tergolong cukup tinggi, jadi mulai sekarang anda tidak perlu lagi sungkan dalam memanfaatkan limbah air cucian beras, minimal untuk tanaman anda yang ada di halaman rumah.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan beberapa Universitas di Indonesia, mengatakan bahwa air cucian beras sangat bermanfaat untuk kesuburan tanaman, limbah air cucian beras berfungsi untuk pengendali organisme pengganggu tanaman, dapat memperbanyak serta menyehatkan akar tanaman, dan tentunya pemanfaatan air leri atau air cucian beras sebagai pupuk tanaman adalah pola pertanian yang ramah lingkungan yang bisa menjaga ekosistem alam. 

Potensi Air Cucian Beras Untuk POC
Limbah cair organik yang sangat melimpah di sekitar kita dan di produksi setiap hari di seluruh rumah tangga, mempunyai postensi besar untuk menggantikan pupuk sintetis (kimia) jika kita mau memanfaatkannya minimal untuk tanaman kita dulu. Nilai ekonomis juga patut di perhitungkan, dalam hitungan kasar, jika dalam satu RT mempunyai jumlah 20 rumah tangga dan setiap rumah menghasilkan limbah air cucian beras , rata-rata sebesar 2 liter/hari (limbah cucian pertama). Maka dalam 1 hari akan menghasilkan 2 liter X 20 = 40 liter limbah air cucian beras , jumlah ini sangat luar biasa untuk memenuhi kebutuhan pupuk cair organik untuk lahan pertanian yang cukup luas.

Air Cucian Beras Bahan Dasar Pembuatan Pupuk Hayati
Karena air limbah organik cucian beras di ketahui memiliki beberapa jenis mikroba/bakteri diantaranya pseudomonas fluorescens mikroba jenis ini banyak di gunakan sebagai bahan baku POC (Pupuk Organik Cair) atau bisa kita manfaatkan dalam pembuatan pupuk hayati. Bakteri pseudomonas fluorescens merupakan sejenis mikroba atau mikroorganisme yang mudah beradaptasi serta dapat mengkloning dengan baik pada sistem perakaran (akar tanaman) dan batang tanaman, serta mempunyai keunggulan dalam mensintesis metabolit untuk proses menghambat perkembangbiakan patogen yang merugikan tanaman.

Kebanyakan dari para petani yang mengadopsi pola pertanian organik selalu memanfaatkan limbah air cucian beras dalam proses pembuatan pupuk cair organik maupun pembuatan pupuk hayati. dengan penambahan AIR LERI ke dalam pupuk hayati merupakan Cara Murah untuk meningkatkan kekebalan dan kesuburan tanaman terhadap serangan penyakit.

Apa Yang Membuat Air Cucian Beras Sangat Bermanfaat ?
Manfaat limbah air cucian beras sangat baik dalam menyuburkan tanaman, karena pada saat proses penggilingan dan poles beras : Rata-rata kandungan nutrisi yang ada pada beras memiliki sekitar 80 persen vitamin B1, 70 persen vitamin B3, 90 persen vitamin B6, 50 persen mineral mangan (Mn), 50 persen mineral fosfor (P), 60 persen zat besi (Fe), 100 persen serat pangan dan asam lemak esensial bisa hilang pada waktu proses memproduksi gabah menjadi beras.

Dengan tingginya berbagai nutrisi yang terkandung pada air cucian beras, tentu sangat disayangkan jika ia hanya di buang begitu saja . Mungkin sebaiknya kita manfaatkan air cucian beras untuk menyiram tanaman yang terdapat di sekitar rumah kita, seperti bunga, tanaman buah, tanaman sayur dalam pot dll, cara ini merupakan salah satu cara dalam menghemat akan tetapi bisa menyuburkan tanaman. Atau kita bisa menampung limbah air cucian beras untuk memproduksi pupuk organik cair untuk mencukupi kebutuhan petani di Indonesia.

Nah, Apakah Anda tertarik untuk mengolah limbah air cucian beras menjadi bisnis yang menguntungkan atau minimal anda memanfaatkannya untuk kebutuhan nutrisi tanaman anda yang ada di halaman rumah misalnya tanaman cabe, tanaman anggrek, ataupun tanaman anda yang lainnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang manfaat limbah air cucian beras bagi tanaman, Dan Semoga apa yang saya uraikan di atas bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan mulai sekarang anda jangan ragu lagi dalam memanfaatkan limbah air cucian beras untuk tanaman anda..

No comments:

Post a Comment

Copyright © Ayo Bertani Mandiri | Powered by Blogger