Panduan Lengkap Budidaya Jambu Kristal

Jambu kristal merupakan varietas yang tergolong jambu yang banyak peminatnya dengan harga jambu biji kristal yang lumayan membuat prospek budidaya jambu kristal sangat bagus sebagai usaha pertanian atau perkebunan, jambu kristal merupakan pengembangan dari tanaman jambu biji yang ada di negara kita. Sering kali saat mengkonsumsi jambu biji kita sering kali direpotkan dengan keberadaan biji yang banyak, namun kelebihan dari varietas jambu kristal ini terletak pada keberadaan biji jambu yang relatif sedikit hanya sekitar 3% dari besar buah. Buah jambu kristal mulai dikenalkan kepada Indonesia oleh orang taiwan sekitar tahun 2001 yang kemudian banyak dibudidaya secara luas di wilayah Indonesia. Teknis budidayaan jambu kristal ini sebenarnya ralatif sama dengan jambu biji biasa.
"jambu kristal","budidaya","budidaya jambu kristal"
Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya jambu kristal adalah tersedianya bibit yang berkualitas dan sehat, yaitu bibit yang bebas dari hama dan penyakit pada tanaman jambu kristal yang mau kita budidayakan. Bibit jambu kristal bisa kita peroleh dari batang yang diperbanyak secara pencangkokan atau anda bisa membelinya bibit jambu kristal siap tanam, untuk pembiakan secara vegetatif kita dapat menghasilkan produk yang lebih banyak dan bervariasi dari indukannya dan tentunya kita lebih paham dengan kondisi bibit yang akan kita dapatkan dari pembibitan sendiri lewat pencangkokan, karena kita lebih paham riwayat calon indukan yang akan dijadikan bibit jambu kristal, untuk pemilihan indukan usia tanaman minimal 1 tahun. Ok langsung saja kita bahas panduan budidaya jambu kristal seperti berikut ini:

Panduan Lengkap Budidaya Jambu Kristal
Pengolahan Tanah untuk budidaya jambu kristal
Lahan yang akan digunakan tidak harus rata, lahan miring (perbukitan) seperti tempat pembuatan sengkedan(teras) juga bisa dilakukan. pada bagian yg curam, untuk menggemburkan tanahnya bisa dilakukan pembajakan dengan dicangkul atau bajak mencapai kedalaman 30cm secara merata. Pemberian pupuk kandang atau pupuk organik dengan dosis 40kg/m persegi, dan anda bisa membuat pupuk organik untuk kebutuhan selama budidaya jambu kristal. dan anda bisa membuat jarak tanam budidaya jambu kristal dengan ukuran jarak tanam 2,5 m x 3 m atau menggunakan jarak tanam 3 x 3 m. Untuk media menanam dalam pot, gunakan kombinasi media tanah, pupuk  kandang dan arang sekam perbandingannya 1:2:2.

Pemeliharaan tanaman jambu kristal
Sejumlah tanaman pengganggu seperti rumput atau gulma pada sekitar tanaman harus disiangi sampai radius 1,5-2 m pada sekeliling tanaman, apabila anda melihat bibit tanaman jambu kristal yang  mati, segera diganti dengan bibit jambu kristal yang baru dan bagus. Penyiangan tanaman perlu dilakukan dengan membuang tunas pada batang utama sehingga buah bisa tumbuh besar dan manis. Setiap sebulan sekali tanah disekitar tanaman harus  dilakukan penggemburan tanah dengan pembalikan agar tetap lunak hingga tanaman benar-benar kuat. Pemangkasan pada bagian ujungnya dilakukan setelah tanaman berumur 2 tahun agar tanaman mendapat tajuk yang rimbun terlebih dahulu.

Pemupukan tanaman jambu kristal
Pemupukan jambu kristal bisa anda lakukan secara berkala, untuk penduan atau acuan pemberian pupuk pada budidaya jambu kristal sebagai berikut :
  • Pada usia 0-1 tahun umur pada penanaman bibit, setiap pohon diberi pupuk dengan campuran 40 kg pupuk kandang, 5 kg TSP, 100 gram urea dan 20 gram ZK yang kemudia ditaburi sekitar tanaman
  • Pemupukan tanaman umur 1-3 tahun dilakukan dengan campuran NPK 250 gram/pohon dan TSP 250 gram/pohon dan diulang setiap 3 bulan sekali dengan takaran yang sama.
  • Pemupukan tanaman umur diatas 3 tahun, kalau pertumbuhan tunas sudah kurang bagus berarti selain TSP dan NPK dengan ukuran yang sama berarti tanaman memerlukan pupuk kandang sebanyak 40 kg/tanaman.
Penyiraman
Bibit tanaman selama 2 minggu setelah ditanam, dilakukan penyiraman 2 kali sehari pada pagi dan sore jika kondisi kemarau. Dan minggu berikutnya dikurangi menjadi sore hari saja. Bila musim hujan anda tidak perlu menyiram, malahan apabila hujan turun terlalu lebat diusahakan sekitar tanaman tidak tergenang air, hal ini bisa anda siasati dengan cara membuat jalur untuk mengalirkan air. Sebaliknya pada musim kemarau, bila tanah sudah kelihatan merekah maka diperlukan penyiraman dengan menggunakan pompa air dua kali sehari.

Pemanenan
Secara umum, buah jambu kristal akan berbuah setelah umur 2 tahun, namun dengan bibit cangkokan tanaman jambu kristal bisa berbuah cepat saat umur 6-7 bulan. Buah jambu kristal sudah siap panen saat jambu sudah berwarna putih kuningan, bila dibandingkan dengan yang belum matang.


Proses budidaya jambu kristal memang dapat dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan budidaya kakao yang membutuhkan tempat yang lebih besar dan subur atau budidaya pepaya dalam pengendalian hama dan penyakitnya. Jambu kristal lebih kuat terhadap berbagai kondisi cuaca, tanah dan serangan hama dan penyakit.

Demikian pembahasan tentang budidaya jambu kristal, selamat mencoba dan semoga bermanfaat artikel budidaya jambu kristal yang saya berikan.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Ayo Bertani Mandiri | Powered by Blogger